Restart Ubuntu Dengan Aman Saat Ngehang

Cara umum yang dipakai untuk mengatasi ubuntu saat ngehang adalah menekan tombol power selama beberapa detik sampai mati kemudian menyalakannya lagi. Tapi sebenarnya cara itu tidak aman karena dimungkinkan dapat merusak hardisk. Lalu bagaimana cara yang aman? berikut caranya:

Ketika ubuntu ngehang kebanyakan penyebabnya adalah X Servernya bermasalah, bukan kernel nya. X Server adalah komponen di Linux yang menjalankan tampilan grafis didesktop, X Server juga meng-handle inputan keyboard, mouse, serta output ke monitor. Itulah sebabnya ketika X Server ngehang, keyboard dan mouse tidak merespon. Nah, solusinya adalah menyerahkan kendali keyboard langsung ke Kernel sehingga kita dapat mengontrol sistem dengan keyboard.
Pertama-tama, pastikan sudah mengaktifkan fitur Kernel yang bisa disebut "magic SysRq key" dengan mengetik perintah berikut di Terminal :
:~$ cat /proc/sys/kernel/sysrq

Jika output-nya adalah "1" maka fitur sudah aktif, jika tidak maka ubah nilai menjadi "1" dengan mengetik perintah berikut :
:~$ sudo echo "1" > /proc/sys/kernel/sysrq

Nah, ketika komputer nge-hang, silakan restart dengan menekan tombol kombinasi Alt + SysRq sambil tetap menekan kedua tombol tersebut, tekan tombol-tombol berikut secara berurutan (beri jeda antar tombol lebih baik) :
 r   e   i   s   u   b 

Maka komputer akan melakukan proses restart.

Kombinasi Alt + SysRq memberitahu sistem bahwa kita ingin memerintah Kernel secara langsung, sedangkan untuk tombol lainnya :
  • r - menyerahkan kendali keyboard dari X Server ke Kernel, sehingga kita bisa "memerintah" Kernel secara langsung.
  • e - mengirim sinyal "terminate" ke seluruh proses agar mereka menutup diri mereka sendiri. Proses ini kadang butuh waktu, jadi beri jeda beberapa saat untuk proses ini.
  • i - mengirim sinyal "kill" ke seluruh proses sehingga mereka ditutup secara paksa.
  • s - mem-flush (bisa dikatakan menyimpan) data dari cache ke disk
  • u - melakukan mount seluruh file sistem menjadi read-only
  • b - me-restart komputer.
Sumber : www.tahutek.net


Related Post:

0 komentar:

TULISKAN KOMENTAR ANDA DISINI...
» Berkomentarlah dengan bahasa yang baik. Blog ini menerima segala jenis komentar, saran, kritik dan pertanyaan, dimohon tidak spam ya. Apabila tidak sesuai dengan ketentuan yang ada, maka komentar tidak akan di tampilkan.
Demikian atas kerjasamanya saya ucapkan terima kasih, Salam Blogger !!!

 
Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS